Assalamualaikum...
Selamat Malam
Adakah disini yang hobi berbelanja online?
Bagaimana pengalaman pertama kalian saat akan berbelanja online? Khawatir? Sulit? atau was-was? 👯👯
Nah, disini aku akan memberikan beberapa gambaran dari tiga web e-commerce yang marak digunakan masyarakat untuk berbelanja. Kelebihan dan kekurangan khususnya. 👰
Disini saya menganalisa web E-Commerce
Toko Pedia(tokopedia.com) dan Shopee(shopee.com) dari apa yang saya lihat dan
melakukan pembelian dikedua web e-commerce tersebut dapat ditarik beberapa
kelebihan dan kekurangannya antara lain :
a. Tokopedia
(tokopedia.com)
Setiap toko jual beli online pasti memiliki kelebihan dan
kekurangan seberapapun kecanggihannya. Seperti juga tokopedia ini disini saya
akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari tokopedia.
·
Kelebihan
1.
Tokopedia
menjual bermacam-macam barang.
2.
Tampilan antarmuka dan pengalaman menggunakan Tokopedia jauh
lebih simpel, elegan dan intuitif, itulah kesan pertama kali saya menggunakan
Tokopedia.
3.
Transaksi
pembayaran lebih cepat.
4.
Barang
yang dijual masih dalam kondisi yang baik dan terjamin.
5.
Setiap
barang yang kita terima setelah dibeli sesuai dengan gambar barang yang
ada di TokoPedia.
6. Memiliki
syarat dan kententuan yang berlaku di toko pedia jika ingin jual dan beli
online.
7. Lebih
Aman , artinya Belanja online di tokopedia itu lebih aman dan bebas penipuan,
karena pembayaran pembeli baru diteruskan kepada pihak penjual setelah barang
pembeli terima. Lewat fasilitas rekening bersama gratis, dan bebas dari para
penipu-penipu online dengan identitas tidak jelas.
8.
Adanya
fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca
diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon
pembeli yang lainnya.
9.
Dapat
membuka toko online pribadi yang gratis.
10. Ada
system kirim cepat dengan kerja sama ojek online. Jadi kita bisa menerima
barang pada waktu itu juga.
11. Memiliki
kode unik setiap bertransaksi dank ode itu akan menjadi saldo kita diakun toko
pedia.
12. Harga
yang ditawarkan lumayan murah dan banyak diskon seperti gratis ongkos kirim.
13. Adanya
fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur
gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini
dibatasi, yaitu satu jam sekali.
14.
Kita
juga dapat melacak keberadaan barang yang kita beli.
· Kekurangan
1. Harusnya
agak di batasi lagi yang ingin berjual di tokopedia, karna akan menyebabkan
persaingan yang ketat dengan barang yang sama
2. Lebih di
tegaskan lagi saat jual beli onlinenya, agar tidak ada yang main-main saat
melakukan tawar menawar atau yang cuman iseng saja.
3. TokoPedia
tidak menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah
melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman.
4.
Harus
terhubung ke koneksi internet.
5. Data
informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi
penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
6.
Fitur
berbayar untuk penjual cukup mahal.
7. Keharusan
mendaftar atau membuat akun (register). Di Tokopedia kita wajib memiliki akun
untuk berbelanja, artinya kita harus melakukan register terlebih dahulu
sedangkan akun yang sudah terdaftar nantinya tidak akan bisa kita hapus
(Tokopedia tidak menyediakan opsi untuk mendelete akun), jadi akun yang tidak
terpakai ya tinggal didiamkan saja.
8. Tokopedia
hanya memproses pencairan dana pada hari kerja Senin-Jumat dan tidak memproses
pada libur hari raya.
b. Shopee
(shopee.com)
Kelebihn
dan kekurangan dari took online Shopee dari segi saya sebagai pengguna antara
lain :
a. Kelebihan
1. Shopee
menghadirkan fitur `Live Chat` yang menjadikannya berbeda dengan
perusahaan e-commerce lainnya. Lewat fitur Live Chat ini, pembeli
bisa langsung berbicara dengan penjual untuk bisa nego barang yang hendak
dibeli.
2. Discount
up sampai 90 %. Bagi kamu pecinta diskon, Shopee dapat jadi tempat belanja yang
cocok banget untuk kamu nih. Bagaimana tidak, Shopee sering kali memberikan
diskon hingga 90% tanpa terduga.
3. Tidak
ada tipu-tipu. Di Shopee penjual merupakan orang kedua yang menerima dana yang
kamu bayarkan, sehingga jika barang yang kamu terima rusak atau
bermasalah, kamu bisa mengajukan refund dan bahkan mendapatkan danamu
kembali.
4. Cashback. Shopee mengadakan cashback hampir setiap hari, dan
nggak tanggung-tanggung, bisa sampai Rp. 75.000. Serunya lagi, cashback yang diadakan oleh
Shopee ini tak terbataskan oleh kategori-kategori tertentu saja.
5. Gratis ongkir. Ketika berbelanja online, tak jarang harga
ongkir alias ongkos kirim melebihi harga barang, dan tak jarang, hal itu dapat
membuat kita mengurungkan niat buat berbelanja. Namun, Shopee memiliki
program gratis ongkir dengan subsidi
hingga Rp.20.000. Kurirnya pun juga beragam, tergantung dengan preferensi
masing-masing.
6. Lengkap. Mulai dari fashion hingga otomotif, kini segala
macam produk bisa kamu beli di Shopee. Tidak hanya produk yang di dalam negeri,
Shopee juga menjajakan sederetan produk Crossborder atau yang
dikirim dari luar negeri.
7.
Verifikasi
pembayaran otomatis dan cepat saat berbelanja di shopee.
8. COD
(Cash on Delivery). Ada system COD jika penjual mengaktifkan metode pembayaran
COD.
9. 100%
Original. Shopee menjamin bahwa produk yang terdaftar di Shopee Mall adalah
100% original. Bila produk dari Shopee Mall yang Anda terima bukan produk
original, Shopee akan mengembalikan dua kali dari jumlah harga produk yang Anda
bayarkan untuk produk tersebut, di mana biaya pengembalian dua kali tersebut
akan ditagihkan kepada penjual.
10.
Kita
bisa melacak barang yang kita beli.
b. Kekurangan
1.
Adanya
bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
2.
Untuk
promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan
merepotkan.
3.
Tampilan
deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.
4.
Pencairan
dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
5.
Terkadang
situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
6.
Walaupun
dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa
kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.
7.
Selain
gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.
8.
Marketplace
online terbaru ini juga tidak menyarankan dropship.
c. Lazada
(lazada.co.id)
a. Kelebihan
1.
Beraneka
Ragam Produk Tersedia. Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah
tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat
kecantikan dan lain-lain.
2.
Banyak
Diskon Menarik Yang Di Tawarkan. Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon
terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai
dari 10% sampai dengan diatas 30%.
3.
Website
yang user friendly. Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user
friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang
yang awampun bias menggunakannya dengan mudah
4.
Bebas
Ongkos Kirim. Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan
beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000,
maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang
masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis
jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang
masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
5.
COD
(Cash On Delivery). Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan
seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat
melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga
terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.
6.
Pengiriman
Barang Cepat. Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat
sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis
kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat
setelah pembayaran diterima.
b.
Kekurangan
1.
Konfirmasi
pembayaran cukup lama. Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan
kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak
lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
2. Fasilitas
COD masih belum bisa dibanyak kota. Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus
untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta dan
sekitarnya.
3.
Bila
transaksi dibatalkan dana yang sudah ditransfer sulit kembali, harus komplain
berkali-kali baru dikembalikan.
4.
Pelayanan
atau respon dari beberapa seller untuk menanyakan stok produk atau produk yang
bersangkutan lama. Bahkan sering kali tidak ada jawaban dari seller yang menjual
produk itu; font-family: "bradley hand itc";">.
5.
Pengupdate-an
barang lama. Apabila stok barang habis, penambahan untuk stok barang baru di
lazadanya itu butuh waktu yang sangat lama agar pelanggan bisa membeli barang
kembali sesuai yang dibutuhkannya.
6.
Ongkos
kirim mahal. Normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya
sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk
kategori yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar