Jumat, 19 Oktober 2018

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOKOPEDIA, SHOPEE, DAN LAZADA


Assalamualaikum...
Selamat Malam
Adakah disini yang hobi berbelanja online?
Bagaimana pengalaman pertama kalian saat akan berbelanja online? Khawatir? Sulit? atau was-was? 👯👯

Nah, disini aku akan memberikan beberapa gambaran dari tiga web e-commerce yang marak digunakan masyarakat untuk berbelanja. Kelebihan dan kekurangan khususnya. 👰

Disini saya menganalisa web E-Commerce Toko Pedia(tokopedia.com) dan Shopee(shopee.com) dari apa yang saya lihat dan melakukan pembelian dikedua web e-commerce tersebut dapat ditarik beberapa kelebihan dan kekurangannya antara lain :

a.  Tokopedia (tokopedia.com)
Setiap toko  jual beli online pasti memiliki kelebihan dan kekurangan seberapapun kecanggihannya. Seperti juga tokopedia ini disini saya akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari tokopedia.

·      Kelebihan

1.        Tokopedia menjual bermacam-macam barang.
2.        Tampilan antarmuka dan pengalaman menggunakan Tokopedia jauh lebih simpel, elegan dan intuitif, itulah kesan pertama kali saya menggunakan Tokopedia.
3.        Transaksi pembayaran lebih cepat.
4.       Barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik dan terjamin.
5.        Setiap barang yang kita terima setelah dibeli sesuai dengan gambar barang yang ada di TokoPedia.
6.     Memiliki syarat dan kententuan yang berlaku di toko pedia jika ingin jual dan beli online.
7.   Lebih Aman , artinya Belanja online di tokopedia itu lebih aman dan bebas penipuan, karena pembayaran pembeli baru diteruskan kepada pihak penjual setelah barang pembeli terima. Lewat fasilitas rekening bersama gratis, dan bebas dari para penipu-penipu online dengan identitas tidak jelas.
8.        Adanya fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon pembeli yang lainnya.
9.        Dapat membuka toko online pribadi yang gratis.
10.   Ada system kirim cepat dengan kerja sama ojek online. Jadi kita bisa menerima barang pada waktu itu juga.
11.  Memiliki kode unik setiap bertransaksi dank ode itu akan menjadi saldo kita diakun toko pedia.
12.   Harga yang ditawarkan lumayan murah dan banyak diskon seperti gratis ongkos kirim.
13.   Adanya fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini dibatasi, yaitu satu jam sekali. 
14.   Kita juga dapat melacak keberadaan barang yang kita beli.

·      Kekurangan

1.  Harusnya agak di batasi lagi yang ingin berjual di tokopedia, karna akan menyebabkan persaingan yang ketat dengan barang yang sama
2.      Lebih di tegaskan lagi saat jual beli onlinenya, agar tidak ada yang main-main saat melakukan tawar menawar atau yang cuman iseng saja.
3.      TokoPedia tidak menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman.
4.       Harus terhubung ke koneksi internet.
5.      Data informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
6.       Fitur berbayar untuk penjual cukup mahal.
7.  Keharusan mendaftar atau membuat akun (register). Di Tokopedia kita wajib memiliki akun untuk berbelanja, artinya kita harus melakukan register terlebih dahulu sedangkan akun yang sudah terdaftar nantinya tidak akan bisa kita hapus (Tokopedia tidak menyediakan opsi untuk mendelete akun), jadi akun yang tidak terpakai ya tinggal didiamkan saja.
8.     Tokopedia hanya memproses pencairan dana pada hari kerja Senin-Jumat dan tidak memproses pada libur hari raya.

b.   Shopee (shopee.com)
Kelebihn dan kekurangan dari took online Shopee dari segi saya sebagai pengguna antara lain :
a.  Kelebihan

1.   Shopee menghadirkan fitur `Live Chat` yang menjadikannya berbeda dengan perusahaan e-commerce lainnya. Lewat fitur Live Chat ini, pembeli bisa langsung berbicara dengan penjual untuk bisa nego barang yang hendak dibeli.
2.   Discount up sampai 90 %. Bagi kamu pecinta diskon, Shopee dapat jadi tempat belanja yang cocok banget untuk kamu nih. Bagaimana tidak, Shopee sering kali memberikan diskon hingga 90% tanpa terduga.
3.   Tidak ada tipu-tipu. Di Shopee penjual merupakan orang kedua yang menerima dana yang kamu bayarkan, sehingga jika barang yang kamu terima rusak atau bermasalah, kamu bisa mengajukan refund dan bahkan mendapatkan danamu kembali.
4.   Cashback. Shopee mengadakan cashback hampir setiap hari, dan nggak tanggung-tanggung, bisa sampai Rp. 75.000.  Serunya lagi, cashback yang diadakan oleh Shopee ini tak terbataskan oleh kategori-kategori tertentu saja.
5.     Gratis ongkir. Ketika berbelanja online, tak jarang harga ongkir alias ongkos kirim melebihi harga barang, dan tak jarang, hal itu dapat membuat kita mengurungkan niat buat berbelanja. Namun, Shopee memiliki program gratis ongkir dengan subsidi hingga Rp.20.000. Kurirnya pun juga beragam, tergantung dengan preferensi masing-masing.
6.   Lengkap. Mulai dari fashion hingga otomotif, kini segala macam produk bisa kamu beli di Shopee. Tidak hanya produk yang di dalam negeri, Shopee juga menjajakan sederetan produk Crossborder atau yang dikirim dari luar negeri.
7.       Verifikasi pembayaran otomatis dan cepat saat berbelanja di shopee.
8.   COD (Cash on Delivery). Ada system COD jika penjual mengaktifkan metode pembayaran COD.
9.    100% Original. Shopee menjamin bahwa produk yang terdaftar di Shopee Mall adalah 100% original. Bila produk dari Shopee Mall yang Anda terima bukan produk original, Shopee akan mengembalikan dua kali dari jumlah harga produk yang Anda bayarkan untuk produk tersebut, di mana biaya pengembalian dua kali tersebut akan ditagihkan kepada penjual.
10.    Kita bisa melacak barang yang kita beli.

b.  Kekurangan

1.        Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
2.        Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
3.        Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.
4.       Pencairan dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
5.        Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
6.       Walaupun dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.
7.       Selain gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.
8.        Marketplace online terbaru ini juga tidak menyarankan dropship.
                     
c.      Lazada (lazada.co.id)

a.     Kelebihan

1.        Beraneka Ragam Produk Tersedia. Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam,  mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.
2.        Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan. Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.
3.        Website yang user friendly. Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah
4.       Bebas Ongkos Kirim. Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
5.        COD (Cash On Delivery). Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.
6.       Pengiriman Barang Cepat. Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.
b.         Kekurangan

1.        Konfirmasi pembayaran cukup lama. Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
2.    Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota. Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta dan sekitarnya.
3.        Bila transaksi dibatalkan dana yang sudah ditransfer sulit kembali, harus komplain berkali-kali baru dikembalikan.
4.       Pelayanan atau respon dari beberapa seller untuk menanyakan stok produk atau produk yang bersangkutan lama. Bahkan sering kali tidak ada jawaban dari seller yang menjual produk itu; font-family: "bradley hand itc";">.
5.        Pengupdate-an barang lama. Apabila stok barang habis, penambahan untuk stok barang baru di lazadanya itu butuh waktu yang sangat lama agar pelanggan bisa membeli barang kembali sesuai yang dibutuhkannya.
6.       Ongkos kirim mahal. Normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar